Apakah Boleh Bayi Makan Semangka? Bagaimana Cara Menyiapkannya?

No Comments Berita

Buah semangka merupakan buah yang menyegarkan. Sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin dan antioksidan tinggi, serta mengandung 92 persen air. Namun, apakah boleh bayi makan semangka?

Saat bayi sudah mulai mengkonsumsi mpasi dan mengenal rasa sekaligus tekstur makanan yang baru, Kamu mungkin merasa bahwa ini sudah waktunya untuk mulai memperkenalkan asupan baru seperti semangka.

Semangka sebenarnya merupakan camilan lezat dan bergizi yang biasa dinikmati sejumlah bayi. Namun sebelum menyajikan resep mpasi buah semangka pada Si Kecil, ada beberapa hal penting yang perlu Kamu ketahui.

Kapan Semangka Boleh Diberikan Pada Bayi?

Semangka dapat mulai diperkenalkan pada bayi setelah berusia 6 bulan sebagai bagian dari mpasi harian bayi saat berusia sekitar 8 sampai 10 bulan. Karena kandungan airnya yang sangat tinggi, semangka dianggap sebagai salah satu asupan cairan terbaik bagi bayi saat cuaca panas.

Meskipun begitu, beberapa bayi yang cenderung sensitif saat mengkonsumsi buah mungkin akan menunjukkan gejala alergi. Adapun gejala yang perlu diwaspadai adalah ruam, pilek, diare, dan muntah.

Terkadang semangka bahkan menghasilkan keasaman karena adanya fruktosa dalam buah yang tida sepenuhnya dapat diserap oleh sistem pencernaan bayi.

Menyiapkan Mpasi Buah Semangka Untuk Bayi

Semangka memiliki tekstur yang lembut dan berair sehingga mudah digigit maupun ditelan. Namun perlu diingat bahwa bayi masih belajar mengenai cara memakan berbagai jenis makanan.

Oleh karena itu pastikan Kamu menyajikan semangka dalam potongan kecil untuk menghindari bahaya tersedak. Jika Kamu menyajikan dalam potongan besar, Si Kecil sangat mungkin memasukkan seluruh potongan ke dalam mulutnya dan menelannya tanpa dikunyah terlebih dahulu. Akibatnya ia bisa tersedak.

Selain itu, ada berbagai cara dalam menyajikan semangka untuk bayi. Jika ia memiliki masalah mengunyah. Akan lebih baik Kamu menyajikannya dalam beberapa potongan kecil yang tidak perlu dikunyah lama.

Pastikan Kamu juga mengawasi dengan baik selama bayi makan semangka. Perkecil ukurannya jika Kamu pikir potongannya masih terlalu besar untuk masuk ke mulut Si Kecil.

Pilihan lain untuk menyajikan mpasi buah semangka adalah menghaluskan semangka menggunakan blender atau menjadikannya smoothies.

Untuk mengurangi risiko tersedak, Si Kecil harus selalu duduk tegak selama makan. Periksa juga setiap potongan semangka dengan cermat sebelum Kamu menyajikannya.

Sangat penting untuk memastikan tidak ada satupun biji yang masih tertinggal. Kamu juga harus tetap dekat dengan Si Kecil supaya dapat segera melakukan pertolongan saat ia tiba-tiba tersedak.

Semangka memang memiliki manfaat besar bagi bayi. Namun, pastikan Kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai memasukkannya sebagai resep mpasi buah Si Kecil. Sajikan semangka dengan cara yang beragam karena akan bermanfaat bagi kesehatan bayi secara keseluruhan.

Tapi ingat Kamu, selalu berhati-hati, ya, terhadap bahaya tersedak dan gejala reaksi alergi yang mungkin muncul.

Itulah info mengenai cara memberikan semangka kepada bayi.  Untuk mendapatkan semangka aneka jenis tersebut Kamu dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian semangka yang lengkap, di platform ini Kamu juga akan mendapatkan semangka dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin semangka yang akan Kamu terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *