Kenali Tanda tanda Hamil Sebelum Telat Haid

No Comments Informasi
Tanda-Tanda Hamil 1 Hari, Bisakah Dideteksi? | Popmama.com
source gambar : popmama.com

Kehamilan merupakan hal yang diidamkan oleh setiap pasangan yang  menikah. Terlebih untuk seorang wanita, satu kebahagiaan yang tak terbatas jika mengalaminya. Untuk wanita yang baru menikah atau menantikan kehamilan pertamanya, mungkin belum bisa merasakan tanda-tanda hamil. Karena tanda-tanda hamil memang bisa sangat membingungkan.

Namun jika kamu termasuk tipe orang yang detail dan lebih peka, mungkin kamu akan merasakan adanya suatu keganjilan atau perubahan pada tubuh bahkan sebelum telat haid. Berarti kamu sudah bisa merasakantanda-tanda hamil sebelum telat haid.

Hal tersebut memberikan hal positif karena kamu bisa mendeteksi kehamilan lebih cepat, sehingga kamu bisa lebih menjaga kesehatan dan prepare untuk kehamilan kamu. Berikut penjelasan singkat tentang tanda-tanda hamil sebelum telat haid, agar kamu bisa mengetahui kehamilan lebih awal untukpreparesemua kebutuhan kehamilanmu.

  1. Payudara lebih lunak dan membesar

Payudara akan menjadi bagian tubuh yang pertama lebih terasa perubahannya ketika terjadi pembuahan. Sebagian besar wanita akan merasakan perubahan pada payudaranya sejak pertama kali terjadi pembuahan. Payudara akan terasa lebih lunak, membengkak, sensitif bahkan sakit ketika disentuh. Hal ini disebabkan oleh level ekstrogen yang mulai naik. Tanda-tanda ini hampir sama dengan yang biasa kamu rasakan menjelang haid. Bedanya kamu akan tetap merasakan tanda-tanda tersebut setelah kamu telat haid.

  1. Area puting lebih gelap

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang kedua adalah area di sekeliling puting akan mengalami perubahan.  Perubahan tersebut diantaranya warna menjadi lebih gelap, puting lebih menonjol dari biasanya, payudara lebih padat, sensitif dan lebih kencang. Hal tersebut diatas dikarenakan adanya perubahan serangkaian hormon pada rahim wanita yang sudah mengalami pembuahan. Selain tanda-tanda diatas, diameternya juga akan bertambah dalam beberapa minggu setelah pembuahan. Hal ini merupakan persiapan awal bagi puting untuk menyusui setelah melahirkan nanti.

  1. Mudah lelah

Tanda-tanda lain yang akan dirasakan oleh seorang wanita di awal kehamilannya adalah mudah mengalami kelelahan. Hormon-hormon kehamilan yang mulai meningkat, menyebabkan tubuh kamu akan bekerja keras menyiapkan diri untuk tumbuhnya si janin. Pada trimester pertama, ibu hamil biasanya akan merasa mudah lelah dan ngantuk. Perasaan seperti itu biasa terjadi juga saat seorang wanita akan mendapatkan haid.

  1. Mual yang tak tertahankan

Dalam beberapa hari setelah terjadinya pembuahan, seorang wanita akan merasakan mual-mual. Hal ini disebabkan oleh  munculnya hormon-hormon kehamilan yang tiba-tiba. Morning sickness memang biasanya memuncak pada 4-6 minggu kehamilan. Namun mual kecil bisa kamu rasakan sejak awal kehamilan.

  1. Sensitif terhadap bau

Aktivitas estrogen juga membuat Indra penciuman ibu hamil menjadi sensitif. Hal ini pula yang menyebabkan ibu hamil akan merasakan mual-mual.

  1. Sering buang air kecil

Sekitar dua minggu setelah pembuahan, Ibu hamil cenderung akan mengalami sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh aktivitas ginjal yang bekerja lebih keras untuk menyaring darah. Selain itu rahim yang membesar juga akan mendorong kandung kemih. Dengan meningkatnya hormon progesteron turut meningkatkan frekuensi buang air kecil.

  1. Sering merasa kembung

Salah satu tanda-tanda awal kehamilan yang paling mengganggu adalah perut terasa kembung. Hal ini juga biasanya terjadi pada wanita saat menjelang haid. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya hormon progesteron memperlambat saluran pencernaan sehingga menjebak gas di dalam usus.

Itulahtanda tanda hamil sebelum telat haid yang perlu kamu ketahui untuk dapat prepare kehamilan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *