Ketahui Jenis Instrumen Investasi Sebelum Melakukannya, ini Daftarnya!

No Comments Berita

Untuk menjadi seorang investor andal, Anda harus mengetahui jenis instrumen investasi yang mendatangkan keuntungan tersendiri. Instrumen investasi sendiri bisa diartikan sebagai jenis-jenis aset yang bisa dipilih untuk menanamkan dana dengan harapan memperoleh keuntungan dari kenaikan nilai aset terkait. Dalam dunia investasi, ada beberapa instrumen dengan peluang keuntungan maupun risiko berbeda-beda.

Semakin besar risiko permodalan, maka kemungkinan penerimaan imbal hasilnya juga semakin besar pula. Ini merupakan prinsip dasar dan wajib diketahui oleh semua investor. Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan ini, Anda memerlukan waktu serta kesabaran. Karena imbal hasil tidak diperoleh dalam hitungan hari atau minggu.

Bahkan untuk menghasilkan kenaikan nilai aset secara maksimal, para investor sukses memerlukan waktu hingga bertahun-tahun. Beberapa instrumen dalam dunia permodalan yang ramai diperbincangkan diantaranya adalah saham, reksa dana, serta emas. Berikut ini penjelasan dari masing-masing agar Anda lebih memahaminya.

  • Saham, Investasi dengan Return Tinggi

Ini merupakan jenis instrumen investasi yang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Saham sendiri bisa diartikan sebagai surat berharga yang menandakan kepemilikan investor atas sebuah bisnis atau perusahaan. Jika dahulu sebuah perusahaan besar sahamnya hanya bisa dimiliki oleh pemilik modal besar, maka sekarang kondisinya sudah jauh berbeda.

Kini siapa saja bisa ikut bertindak sebagai pemegang saham perusahaan besar seperti Astra Internasional, Bank BCA, Unilever, dan lain sebagainya. Apalagi dengan adanya kemajuan financial technology yang semakin memudahkan investor individu dengan modal terbatas. Menariknya, saham adalah instrumen di pasar modal yang memungkinkan para investor memperoleh return tinggi.

Namun perlu diketahui bahwa menanamkan modal di pasar saham memiliki risiko tinggi karena volatilitasnya juga tinggi. Untuk itu, sebelum terjun ke pasar saham sebaiknya mempelajari perusahan yang akan dibeli share-nya. Saham idealnya dipilih sebagai cara berinvestasi jangka panjang. Keuntungannya bisa diperoleh dari capital gain maupun perolehan dividen setiap tahunnya.

  • Reksa Dana, Pilihan Aman bagi Pemula

Jenis instrumen investasi 100 ribu profit harian yang juga patut dipertimbangkan adalah reksa dana. ini merupakan satu dari beberapa pilihan aset bagi pemilik modal untuk menumbuhkan nilai kekayaannya. Reksa dana sendiri bisa diartikan tempat pengumpulan dana dari para investor baik individu maupun institusi untuk selanjutnya dikelola oleh Manajer Investasi.

Nantinya, Manajer Investasi bertugas mengelola dana dari para investor untuk ditempatkan pada aset lain di pasar modal seperti saham, surat utang, hingga pasar uang. Reksa dana adalah pilihan tepat untuk investor pemula karena kemudahannya. Dalam reksa dana, Anda tidak diharuskan mengerti tren di pasar modal yang memerlukan berbagai keahlian analisis.

Karena pekerjaan tersebut adalah tugas dari Manajer Investasi (MI). Dengan kepiawaian MI dalam mengelola dana, uang Anda pada unit reksa dana akan bertumbuh secara menjanjikan dalam periode tertentu. Anda tidak akan dipusingkan dengan pergerakan harga di pasar modal. Jadi hanya perlu memilih produk reksa dana serta MI dengan kinerja positif.

Return dari reksa dana memang pada umumnya tidak sebesar saham. Meskipun demikian, risiko jenis instrumen investasi ini lebih rendah sehingga lebih aman. Sehingga dapat melakukan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah. Reksa dana sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yakni reksa dana saham, pasar uang, obligasi, serta pendapatan tetap. Aset ini cocok untuk jangka menengah hingga panjang.

  • Emas, Komoditas dengan Tingkat Kepercayaan Tinggi

Emas sejak dulu menjadi komoditas terpercaya sebagai cara meningkatkan kekayaan. Hal ini karena harga emas di pasar relatif mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Keuntungan memilih komoditas ini adalah Anda bisa menyentuh serta menyimpannya secara fisik. Sebagian besar masyarakat lebih mempercayai emas ketimbang instrumen lainnya.

Jenis instrumen investasi ini juga terbilang mudah dicairkan. Anda bisa dengan mudah menjual emas melalui institusi tertentu seperti Pegadaian jika sedang membutuhkan uang. Alih-alih membeli emas perhiasan, sebaiknya Anda membeli emas batangan jika memang ditujukan untuk tujuan investasi.

  • P2P Lending

Keuntungan dari aktivitas pendanaan juga bisa diperoleh melalui peer to peer lending (P2P Lending) atau crowdfunding Indonesia. P2P Lending merupakan jembatan bagi UMKM untuk mendapat modal dari para pendana alias lender. Sementara keuntungan bagi lender bisa memperoleh imbal hasil menarik.

Salah satu aktivitas pendanaan yang bisa Anda lakukan adalah melalui platform P2P Lending melalui Amartha. Di Amartha­­, Anda bisa berpartisipasi sebagai lender (pendana) yang turut membantu UMKM dalam memperoleh modal usaha. Mulai dana 200 ribu saja Anda bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *