Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Dari Obat Azithromycin

No Comments Informasi
Azithromycin
source gambar : idntimes.com

Wabah penyakit covid-19 sampai saat ini memang belum berhasil mengilang dari pemberitaan di Indonesia bahkan di dunia. Bagaimana tidak, sudah hamper 3 tahun sejak terdeteksinya penyakit ini nyatanya sampai sekarang memang obat untuk penyakit ini belum berhasil ditemukan.

Akhirnya untuk mengurangi efek samping dan rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit covid-19 sementara para dokter memberikan jenis obat – obatan yang dianggap bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan dari penyakit covid-19 ini. Salah satu obat yang sering diberikan kepada para pengidap covid adalah obat Azithromycin.

Namun, apakah obat Azithromycin ini memang dapat menyembuhkan penyakit covid ? Sebenarnya apakah fungsi utama dari obat Azithromycin ini ? Mengapa obat ini bisa dijadikan menjadi salah satu obat yang diyakini bisa mengurangi gejala dan juga komplikasi penyakit yang mungkin ditimbulkan virus covid-19 ini.

Sebenarnya Azithromycin ini merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengobati adanya infeksi dan pertumbuhan bakteri di saluran pernapasan. Jadi sebenarnya obat Azitrhomycin ini kurang cocok untuk digunakan dan dipercaya sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit covid-19 karena penyakit covid merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus bukan oleh bakteri.

Penggunaan obat Azithromycin pada penderita covid-19 ini hanya bertujuan untuk mengurangi efek samping yang mungkin ditimbulkan dari virus yang ada didalam tubuh. Karena biasanya virus covid tersebut menyerang saluran pernapasan aakhirnya pemberian obat sejenis pun digunakan dengan harapan bisa mengurangi efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Meskipun untuk beberapa kasus covis-19 yang belum terlalu parah obat Azithromycin ini sering diberikan sebagai obatnya, namun ternyata pengkonsumsian obat ini juga harus diperhatikan dosis dan jangka waktu konsumsinya. Hal tersebut karena obat Azithromycin ini tergolong kedalam obat keras dan pemberiannya tida boleh sembarangan. Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai sebelum meminum obat ini.

  • Jangan konsumsi obat Azythromycin jika anda memiliki riwayat alergi terhadap obat jenis ini.
  • Bagi anda yang memiliki gangguan fungsi hati dan ginjal atau myasthe gravis aritmia sebaiknya melakukan konsultasi denga dokter terkait sebelum mengkonsumsi obat jenis ini.
  • Bagi anda yang baru melaksanakan vaksinasi tifoid atau sejenisnya sebaiknya disarankan untuk tida mengkonsumsi obat ini.
  • Bagi anda yang baru melakukan tindakan medis seperti operasi dengan bius maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsi obat ini.
  • Bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat – obatan lain ataupun suplemen sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter terkait terlebih dahulu.
  • Bagi anda yang telah mengkonsumsi obat ini dan setelahnya timbul gejala alergi atau efek samping lain, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera konsultasi dengan dokter terkait di rumah sakit.

Jika anda sudah bebas dari hal – hal diatas maka anda bisa diresepkan untuk mengkonsumsi obat Azithromycin ini. Biasanya orang yang diberikan terapi obat Azithromycin ini merupakan orang dengan gangguan bakteri berikut ini :

  • Orang yang mengalami infeksi saluran pernapasan, infeksi jaringan lunak, ataupun infeksi kulit biasanya akan diberikan terapi berupa pemberian obat Azithromycin dengan dosis 500 mg / hari selama 3 hari kedepan bagi orang diatas 17 tahu.
  • Orang yang mengalami otitis akut biasanya akan diberikan terapi berupan pemberian Azithromycin 30 mg/ hari atau 10 mg/ hari selama 3 hari berturut – turut tergantung dengan keadaan dari pasien. Biasanya jenis obat yang diberikan kepada anak dibawah umur dan orang dewasa beda jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.