Simak Perkembangan Siaran TV Indonesia Dari Program Berita Sampai Hiburan

No Comments Hiburan
Perkembangan Siaran dan Iklan Televisi | KASKUS

Ketika stasiun televisi masih hanya satu yaitu TVRI hampir semua informasi disebarluaskan melalui media ini. Tidak hanya acara penting saja seperti Asian Games atau Upacara Kemerdekaan RI saja namun beberapa informasi yang terpusat oleh pemerintahan. Terutama di masa orde baru ketika semua aspek kehidupan berada di bawah kuasa pemerintah dengan berbagai aturan yang ketat.

Salah satunya adalah adanya kementrian khusus yang membawahi semua akses informasi untuk masyarakat yaitu Departemen Penerangan. Departemen ini merupakan cikal bakal dari apa yang kita kenal sebagai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Jika kita kembali pada era dulu, kementrian penerangan pertama kali ditetapkan pada 19 Agustus 1945 dengan atasannya Mr, Amir Sjarifoeddin.

Tujuan dari pembentukan menteri khusus ini adalah untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan dan berbagai jargon besar lainnya. Karena pada era ini rezim yang berkuasa adalah orde baru sehingga wajar saja apabila segala lini kehidupan berada pada control yang kuat dan sulit untuk lebih berekspresi. Hal ini pula yang berpengaruh pada tv Indonesia jika kita melihat dari segi program acaranya.

Dulu TVRI era menampilkan berbagai siaran kontan yang mendidik dan informatif. Namun, di orde baru televisi dijadikan salah satu media pemerintah untuk membangun opini public akan citra baik pemerintah yang sbeeenarnya buram. Terutama kaitannya dengan politik dan sosial yang sesungguhnya. TVRI sendiri memiliki salah satu acara unggulan yaitu Dunia Dalam Berita dan juga Berita Nasional.

Baru setelah itu muncul beberapa stasiun tv Indonesia lainnya seperti TPI dengan berbagai program pendidikannya. Kemudian muncul pula televisi swasta dengan siaran yang berfokus pada isu berita terkini yaitu Metro TV di tahun 2000. Siarannya banyak berbicara mengenai keadaan politik dan sosial yang dibawakan dengan cukup kaku dan biasanya sulit untuk meresap pada masyarakat menengah kebawah.

Karena pemberitaan seperti itu lebih dekat dan familiar pada orang-orang perkotaan dengan isu-isu besar yang terkait dengan mereka. Tidak lama setelah itu, muncullah beberapa stasiun televisi lainnya dengan citra masing-masing. Seperti halnya Metro TV muncul pula beberapa stasiun televisi yang mengedepankan berita ketimbang acara lainnya seperti tvOne, Kompas TV, CNN Indonesia, CNBC Indonesia dan lainnya.

Tidak lupa pula, terdapat beberapa stasiun televisi lainnya yang berusaha mengimbangi televisi berita seperti SCTV, RCTI dan Indonesia. Stasiun itu tidak hanya berfokus pada berita saja, melainkan juga menggabungkan unsur hiburan sehingga masyarakat tidak jenuh dengan segala kepelikan isu besar yang berpusat di ibukota saat itu. Sampai saat ini Anda tentu tahu jika RCTI menjadi salah satu stasiun tv Indonesia dengan jumlah siaran yang tinggi. Anda bisa mengikuti programnya melalui rctiplus.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *